Selamat datang di Official Forum IDDM
Silahkan mengunjungi Link viewforum.php?f=2 untuk informasi seputar Pengantar, Cara Register, Cara Posting, dll. Masukkan USERNAME untuk Login, bukan dengan email!
Mohon menghubungi salah satu moderator jika ada pertanyaan

Purwanto Atmodjo | DARKPATH RECORDS

Konten Interview oleh Team IDDM
kalian boleh menyumbangkan data Interview dengan menghubungi Moderator
Post Reply
Rio Sabaoth
Moderator
Moderator
Posts: 11
Joined: Tue Oct 31, 2017 4:10 am
Location: Manado

Purwanto Atmodjo | DARKPATH RECORDS

Post by Rio Sabaoth » Thu May 10, 2018 2:38 pm

Image
1. Sebelumnya Darkpath hanya merilis merchandise, bagaimana sehingga anda memutuskan untuk melebarkan sayap melalui Darkpath Records?
- Awal ide bikin Darkpath Records adalah desakan dari beberapa rekan dan juga karena keprihatinan. Keprihatinan akan banyak nya keluh kesah dari beberapa rekan label di Indonesia tentang kurangnya minat akan product rilisan fisik. Keprihatinan akan kurangnya kesadaran dari (yang katanya) metalheads nasional dalam membeli product rilisan fisik. Dari sana saya belajar mengamati dan menganalisa secara keseluruhan permasalahan dan ini memakan waktu kurang lebih setahun sampai akhirnya saya menemukan inti permasalahan tersebut sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk bikin Darkpath Records ini.
Saya dan Darkpath Records ingin menjadi records label yang sebenar-benarnya records label. Saat ini adalah masa proses pembelajaran bagi saya dalam melangkah untuk menjadi records label yang sebenar-benarnya. Untuk langkah awal saya memutuskan dengan me-reissue beberapa band2 1st wave Death Metal di dunia yang merupakan akar dan cikal bakal dari Death Metal sekarang. Sekaligus mengenalkan pada generasi sekarang yang kurang banyak tau Death Metal diawal itu seperti apa dan juga sebagai memories refreshment bagi rekan2 penyuka Death Metal dari angkatan 90an hahaha.

2. Darkpath Records misi kedepannya seperti apa?
- Kedepan kita pasti akan tetap berjalan dijalur yang saat ini sudah berjalan dan yang utama pastinya kita akan ada roster artists baik lokal maupun luar. Yang nanti nya kedepan untuk artists lokalnya bisa kita akan promote menjadi band international sebenar-benarnya band international.

3. Apa ada kesulitan ketika mengajukan permohonan untuk melisensi band dari label seperti Metal Blade Records atau Nuclear Blast?
- Kesulitan dalam pengajuan pasti ada dan itu memang proses yang harus dijalani dari meyakinkan mereka, negosiasi sampai deal dan muncul agreement.

4. Menurut anda apa yang menjadi pertimbangan label-label tersebut untuk memberikan lisensi kepada label lain untuk merilis kembali rilisan mereka?
- Pertimbangan nya mungkin bagi mereka dari sisi bisnis dan financial aja sih kaya nya hahahaha. Untuk pertimbangan detailnya hanya pihak label yang bisa jawab karena mereka gak pernah bilang pertimbangan nya ke saya hahaha.

5. Apakah kedepannya akan merilis band Indonesia? Sudah ada band yang diminati untuk dirilis albumnya?
- Untuk band Indonesia pastinya ada seperti yang saya bilang di point 2 dan kemungkinan kita akan buka kesempatan tersebut dan akan kita umumkan secara resmi di bulan Juli/Agustus tunggu saja.

6. Selain perkembangan teknologi (adanya ilegal download) apa ada hal lain yang mempengaruhi minat untuk membeli karya fisik?
- Kalau menurut saya sih selain hal tersebut adalah apa yang disuguhkan ke pasar. Kalau tidak ada sesuatu yang baru dan yang disuguhkan cuma itu2 saja saya yakin pasar akan jenuh karena mereka tidak mendapatkan sesuatu yang baru dan segar. Tentu saja ini terkait dengan band dan label yang menaungi band tersebut. Disini peran label sangat besar karena merekalah yang memunculkan suatu product. Kalau label nya kurang selektif dalam memilih band dan yang disuguhkan itu2 saja saya yakin minat beli akan sebuah karya fisik akan terpengaruh.

7. Hal apalagi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membeli rilisan fisik?
- Saya pribadi lebih ke me-mindset pasar bahwa MEMILIKI RILISAN FISIK ADALAH BUKTI APRESIASI NYATA seperti yang saya kampanyekan saat ini. Bahwa ada sebuah nilai lebih (prestige) bila kita memiliki rilisan fisik. Bahasa kasarnya gak usah ngaku2 metalheads kalau kalian gak punya rilisan fisik band favorite kalian karena kalian memang sebenarnya gak ada apresiasi disana. Ini memang hal yang sulit di era sekarang tapi saya yakin pasti bisa bila semua pihak yang sadar ikut me-mindset mereka yang belum sadar. Dan satu lagi yang menjadi kunci terpenting adalah kwalitas. Kwalitas untuk segalanya baik dari band sendiri, recording, packaging dan semua hal yang mengacu kepada kwalitas tadi. Tanpa itu semua bullshit.

8. Sebagai orang yang terlibat di scene lebih dari 2 dekade apa pendapat anda saat ini tentang scene Death Metal Indonesia dan perbandingannya dengan era 90-an?
- Scene Indonesia secara overall terlepas dari plus minus saat ini jelas lebih maju.Sudah ada band yang expanse keluar walau masih dalam lingkup Asia, banyak band baru bermunculan (walau kadang sekejap saja hahaha) dari segi skill player nya banyak yang keren. Cuma saya perhatikan band2 yang bermuncul ini belum punya karakter, satu sama lain style sama semua, konsep musik nya kemana saya kadang bingung hahaha. Jujur dari beberapa cd band Indonesia yang saya punya saya gak bisa bedakan band satu dengan band lain nya hahaha. Ya memang gak semua sih cuma kalau boleh di prosentase hanya 20% yang masuk kategori berkarakter. Di era 90an dimana mendapatkan informasi sangat minim dan tidak secepat sekarang yang hanya tinggal klik sudah dapat informasi. Jaman dulu kita berjuang untuk mendapatkan informasi dengan banyak menjalin komunikasi dengan surat menyurat dengan penyuka sesama extreme metal, Kita berjuang menunjukan existensi ke khalayak umum bahwa ada musik extreme metal di Indonesia. Kalau sekarang tinggal ngeband aja gak usah pake berjuang memperkenalkan ke khalayak umum, sudah banyak orang tau hahahaha. Saya ngerasa band2 pada era 90an lebih bervariasi dan sangat jarang dijumpai band dengan style yang sama mungkin pengaruh keterbatasan skill para player juga ya hahahaha yang pada akhirnya memutuskan untuk bermain sesuai kapasitas SDM nya masing2. Kalau sekarang kan pada ngeri tuh skill nya jadi mereka berlomba untuk saling mengungguli satu sama lain tanpa sadar dan kurang mengerti esensi dari ngeband itu apa hehehe.

9. Apa saja yang perlu untuk dilakukan kita semua agar scene Death metal Indonesia bisa terus berkembang?
- Menurut saya kalau scene ini ingin lebih berkembang, dari sisi band secara style harus lebih bervariasi. Dari sisi records label sendiri harus lebih selektif dalam recruitment band yang akan dirilis bukan cuma melihat sisi bisnis trend apa yang sedang rame tapi sisi idealis juga harus ada dan selalu memunculkan sesuatu yang segar.

10. Tanggapan dan harapan anda untuk IDDM Forum?
- Dengan ada nya kembali forum IDDM ini sangat bagus dalam mendukung tumbuh kembang nya scene Death Metal Indonesia. Segala macam ulasan dan berita apapun yang terkait dengan Death Metal didalam dan diluar scene terus harus di update tanpa memandang subgenre tertentu.

itu saja dari saya thanks Rio atas kesempatan yang sudah diberikan.

Hail Indonesian Death Metal 🤘

Image



pedangTUHAN
Registered User
Registered User
Posts: 5
Joined: Sat Mar 31, 2018 2:35 pm
Location: Makassar, South Sulawesi

Re: Purwanto Atmodjo | DARKPATH RECORDS

Post by pedangTUHAN » Fri May 11, 2018 12:09 pm

Visi dan Misi bang Purwanto keren...
Mari sama2 membangun kesadaran akan pentingnya memiliki rilisan fisik. Dimulai dari diri pribadi kemudian ditularkan pada yg lain...
IN DEATH WE TRUST
IN BRUTALITY WE BLAST

Post Reply